Menu Akun Tidak Terlihat pada Manajemen Individual GTK (Dapodik)

Mulai tahun pelajaran 2020/2021, akun Dapodik harus diverifikasi. Salah satunya adalah akun GTK. Namun, dalam beberapa kasus, menu untuk melakukan verifikasi justru tidak terlihat.

Berdasarkan kasus yang dialami oleh TISA, hal tersebut terjadi karena resolusi monitor terlalu kecil. Resolusi yang pernah TISA coba dan mengalami kendala adalah 1280 x 720 piksel. Monitor dengan resolusi lebih kecil lagi kemungkinan besar akan mengalami hal yang serupa.

Solusinya ada dua: (1) menggunakan monitor dengan resolusi lebih tinggi, atau (2) mengecilkan tampilan browser (zoom out).

Berikut langkah mengecilkan tampilan browser.

  • Tekan CTRL dan tombol minus (-) bersamaan.
  • Atau, klik menu hamburger. Pada Google Chrome, berupa titik tiga buah. Pada Mozilla Firefox, berupa garis tiga buah. Posisinya di pojok kanan atas. Kemudian, klik ikon minus (-).

Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Zoom out pada Google Chrome.
Zoom out pada Mozilla Firefox.
Sebelum diperkecil, menu Akun tidak terlihat.
Setelah diperkecil, menu Akun akhirnya terlihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *