Mengubah Ukuran Foto untuk Kartu UNBK dengan ImageMagick

Tahun 2019 menjadi tahun pertama SMP Negeri 1 Sungai Kakap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Selain tidak lagi menggunakan kertas soal dan lembar jawab, kartu pesertanya juga dapat dicetak mandiri oleh sekolah. Untuk fotonya, dapat langsung di-upload ke situs UNBK milik Kemendikbud, sehingga tidak perlu ditempel manual.

Namun, dimensi foto pada kartu peserta tersebut tidak sama dengan dimensi foto yang TISA simpan. Setelah diukur, kartu UNBK (simulasi kedua tahun 2019) memerlukan foto dengan dimensi 312 x 470 piksel. Itu artinya, foto yang dimiliki TISA terlalu lebar.

Sebagai catatan, TISA menyimpan softcopy foto para peserta didik dan GTK dengan dimensi 638 x 874 piksel. Dimensi ini cocok untuk keperluan cetak foto 3 x 4 cm. Selain itu, TISA juga tetap menyimpan foto ukuran asli tanpa crop.

Meski tetap bisa digunakan tanpa perlu disunting lagi, namun hasilnya kurang sedap dipandang, karena rasio yang tidak 1:1.

Jadi, TISA harus mengubah ukuran (crop dan scale) seluruh foto peserta UNBK, sehingga serasi dengan ukuran yang disarankan. Karena jumlah peserta sebanyak 319 orang, kami menggunakan langkah berikut untuk mempercepat proses. Kurang dari 10 menit.

Pertama, pastikan seluruh foto yang hendak diubah ukurannya memiliki format dan berada dalam folder yang sama. TISA menggunakan format JPEG dengan ekstensi *.jpg. Jika ada yang *.jpeg, maka harus diseragamkan lebih dulu.

Kedua, jangan lupa backup sebelum lanjut ke langkah selanjutnya sebagai tindakan preventif. Karena dalam hitungan menit, ukuran seluruh foto akan berubah dan mustahil untuk dikembalikan ke ukuran semula dengan kualitas yang sama.

Ketiga, buka Terminal dan pindah ke dalam folder yang berisi foto tersebut.

cd /lokasi/menuju/foto-untuk-unbk/

Keempat, ubah dimensi foto mendekati ukuran untuk kartu UNBK. Dalam hal ini, menjadi 343 x 470 piksel.

for f in *.jpg; do convert "$f" -scale 343x470 "$f"; done;

Kelima, potong bagian yang berlebih (crop). Dengan ukuran yang baru di atas, maka hanya tinggal membuang lebar foto sebesar 31 piksel.

for f in *.jpg; do convert "$f" -crop 312x470+16+0 +repage "$f"; done;

Selesai! Foto sudah siap di-upload dengan rasio yang sesuai. Foto peserta sekarang tidak lagi terlihat bagai dihimpit kiri-kanan.